Kemendikbud Gandeng Netflix Latih Insan Hidup Lokal

Kemendikbud Gandeng Netflix Latih Insan Hidup Lokal

VIVA   –  Netflix, penyedia layanan hiburan terkemuka di dunia membangun workshop virtual membahas tentang proses pascaproduksi di Netflix. Lebih dari 300 insan perfilman lokal berpartisipasi tanpa biaya apapun dan belajar melanggar manajemen pascaproduksi, lokalisasi, proses penyuntingan gambar dan suara, serta tadbir aset di Netflix.

Workshop itu merupakan bagian dari rangkaian Kalender Pengembangan Kapasitas Kreatif insan perfilman Indonesia, kerja sama Netflix dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan senilai USD1 juta, atau lebih dari Rp14 miliar, yang diumumkan di dalam bulan Januari tahun 2020.

Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kultur Republik Indonesia, merasa bahagia sebab dapat bermitra dengan Netflix untuk meningkatkan kapasitas komunitas kreatif lokal.

Baca juga:   Netflix Rilis Trailer Enola Holmes, Tayang 23 September 2020

“Kami berbahagia dapat bermitra dengan Netflix yang telah membagi manifestasi terbaik tentang proses pascaproduksi pada Netflix untuk meningkatkan kapasitas komunitas kreatif lokal. Indonesia memiliki daya besar dalam menghasilkan cerita-cerita istimewa untuk dinikmati penonton global, dan kami berharap dapat menghasilkan konten-konten berkualitas yang diproduksi dengan pengampu kelas dunia sehingga dapat mempromosikan budaya Indonesia, ” kata Hilmar Farid dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA .

Netflix memanfaatkan teknologi untuk mendukung penceritaan yang luar biasa dan tetap melindungi visi kaya para kreator, serta mempertahankan status gambar dan suara berkualitas tinggi saat kamera mulai merekam, maka saat anggota Netflix menonton hasil akhir yang terlihat dan merebak persis seperti yang diharapkan, di perangkat apa pun mereka menonton Netflix.

Gavin Barclay, Director Post Production, APAC, Netflix, mengatakan, pihaknya merasakan percaya bahwa ada banyak rencana hebat yang dapat ditemukan di Indonesia yang berasal dari para sineas Tanah Air.

“Kami percaya ada lebih banyak lagi cerita hebat yang sanggup ditemukan di Indonesia dan awak ingin memainkan peran kami dengan cara membagikan praktik-praktik pascaproduksi terbaik kepada komunitas kreatif lokal jadi mereka dapat membuat cerita Indonesia yang terbaik di kelasnya, ” kata Gavin.

“Kami baru saja mulai di Indonesia dan kami sangat bersemangat buat mengembangkan kemitraan jangka panjang dengan studio dan sineas lokal, ” katanya menambahkan.

Baca juga:   Netflix Segera Produksi Serial Indonesia?

Sejak kehadirannya di Nusantara pada tahun 2016 lalu, Netflix secara aktif menaruh kepercayaan di sineas Indonesia melalui berbagai bentuk kerja sama dengan mitra lokal, seperti Starvision, Falcon Pictures, Visinema Pictures, Lifelike Pictures, MILES Films, dan BASE Entertainment. Netflix selalu belum lama menandatangani kerja sama produksi dua film dari Indonesia dengan rencananya akan tayang pada tahun 2021, serta telah melisensi sebesar besar tayangan lokal.