Kolaborasi dengan Saykoji, Swerte Rilis Esso Dalam 3 Bahasa

Kolaborasi dengan Saykoji, Swerte Rilis Esso Dalam 3 Bahasa

VIVA   –  Swerte, musisi keturunan Indonesia – Swiss yang kini berkarier di Dubai ini akhirnya kembali ke ranah musik hiphop dengan single debutnya berjudul ‘Esso’. Setelah menghabiskan 10 tahun waktunya sebagai member dari The Recipe yang juga sempat menjadi opening act dari beberapa bintang film internasional seperti Snoop Dogg, Rick Ross, Dave East, Koffee.

Tidak sendiri, Swerte juga mengajak Freek, Drill Artist dibanding Arab sekaligus musisi rap pokok Indonesia, Saykoji. Diproduseri Mjeezy, rani ini tidak hanya dibawakan dalam satu bahasa saja namun tiga bahasa yaitu Bahasa Inggris, Norma Indonesia, dan Bahasa Arab.

“Saya telah mengerjakan penuh lagu dengan ide untuk mempersatukan kedua “rumah” saya. Bekerja secara artis dari rumah tempat kami tinggal saat ini dan bintang film dari rumah tempat saya lahir dan besar. Sungguh surprising betul melihat reaksi online dan pertama bagaimana orang-orang menerima lagu itu meskipun ada 3 bahasa berbeda di dalamnya, ” kata Swerte kepada VIVA ,   belum lama ini.

Baca selalu:   Sosok Glenn Fredly Dihadirkan di Konser Filosofi Kopi Wave of Cinema

Lagu Esso bercerita tentang perasaan masing-masing artis serta hal-hal yang mereka wajar selama lockdown dan beberapa perkara yang sudah terjadi selama tahun 2020. Protes, kekecewaan, juga mengalami syukur tertuang lengkap di pada lagu ini.

“Lagu Esso jadinya semacam kecelakaan gitu. Selama lockdown, saya sering berhubungan secara banyak diantara kita yang biasanya hanya kami temui di events kalau keluar rumah dan ada acara. Tepat lockdown kita jadi sering hangout tiap malam pakai zoom dan selama hangout zoom itulah saya mulai membuat banyak musik baru, ” tutur dia menjelaskan.

Ditambah kemampuan Swerte untuk memainkan vokal dengan autotune sekaligus membawakan lirik secara cepat sempurna dengan anthemic drill beat yang kuat membuat ‘Esso’ adalah lagu yang tepat untuk menjadi single debut Swerte.

Baca juga:   Ketemu Pasangan Tajir, Momo Ceritakan Pengalaman Pertama Bertemu Suami

“Liriknya mengekspresikan emosi dan reaksi saya terhadap apa dengan terjadi di dunia tahun itu dari studio rumah saya selama PSBB dan saya kira, sebab kurangnya koneksi manusia face to face in real life. Saya membayangkan semua kenegatifan dunia sebagai makhluk, ” tuturnya.

“Saya mengatakan lagu ini adalah petaka karena lagunya sangat berbeda dengan lagu lain yang saya kerjakan. Dan baru setelah Freek dan Saykoji setuju untuk berkolaborasi dan merekam bagian mereka, baru kami yakin berani untuk dirilis, ” ujar Swerte melanjutkan.

Bukan nama baru, Swerte adalah rapper yang sempat membentuk grup bernama The Southsiderz di Indonesia yang juga sempat menjadi opening act untuk show Dewi Sandra diakhir tahun 90’an.

Sepanjang kariernya, Swerte telah merilis 3 Mixtape dengan judul “The Mini Mixtape Series” sekaligus project bernama “Raconteur” dengan membuatnya kembali ke Indonesia untuk tampil di beberapa show .

Swerte terkenal sebagai rapper yang cerdas mengangkat kata-kata. Selain menjadi rapper , diapun mengelola The Recipe di Dubai sekaligus mengatur kegiatan grup tersebut bersama label tempatnya bernaung.